Logo

082897030079

  • Desa indah, bersih dengan masyarakat yang ramah serta memiliki tempat pariwisata yang cantik yaitu Pura Langgar, Pura Bukit jati, Pura Puseh & Sarkofagus dengan nilai sejarah yang kental. Letak yang strategis dibangli-denpasar.
  • Selamat Datang di Website Resmi Desa Bunutin, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli
Selasa Kliwon
Logo

Ida Idewa Made Rai Adnyana

Kepala Desa

Selamat Datang di Website Resmi Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli


Foto Galeri

Pelatihan Kader Posyandu Balita

LIHAT LAINNYA

Video Galeri

Budaya Bali

LIHAT LAINNYA

Jajak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Desa Bunutin, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli?

    Res : 16 Responden

Baca Artikel

Pura Langgar Di Bunutin: Bukti Sejarah Islam Permulaan di Bangli – Bali

Oleh : bunutinbangli | 27 November 2015 | Dibaca : 1157 Pengunjung

Bali sekalipun mayoritas masyarakatnya beragama Hindu namun kerukunan dan kedamaian antar-umat beragama berjalan dengan baik. Mereka yang memiliki keyakinan yang berbeda hidup secara berdampingan dan jarang sekali adanya percekcokan diantara mereka. Apakah ada buktinya? Salah satunya bisa dilihat dengan adanya sebuah pura yang bernama Pura Langgar atau juga dikenal dengan Pura Dalem Jawa.
Mengapa sampai disebut pura Langgar? Tiada lain dan tiada bukan karena bangunannya yang mirip dengan sebuah Langgar atau tempat ibadahnya umat Muslim. Pura ini juga memiliki cerita dan bentuk yang unik yang sangat erat kaitannya dengan kebudayaan Islam yang masuk ke Bali sehingga sedikit banyak mampu memengaruhi gaya arsitektur dan segala pernak-pernik pura ini. Pura Langgar sendiri dibangun diatas kolam yang dipenuhi oleh bunga teratai.
Di Pura Langgar pelaksanaan pemujaan berbeda dengan pemujaan di pura lain pada umumnya, dimana hewan yang digunakan untuk sesajen tidak menggunakan daging babi namun diganti dengan daging ayam dan itik. Selain itu, pura ini pun melaksanakan pemotongan hewan kurban layaknya seperti pada Hari Raya Idul Adha yang dilakukan oleh umat Islam hanya saja pelaksanaannya dilakukan sehari sebelum Hari Raya Nyepi atau sekitar bulan Februari.  Pura Langgar memang menjadi tempat pemujaan bagi umat Hindu namun banyak juga umat Islam yang datang kesini untuk berziarah dan melihat secara langsung keunikan pura ini.
Menurut cerita, Pura Langgar berdiri karena adanya keterkaitan sejarah antara Kerajaan Bunutin dengan Kerajaan Blambangan di Banyuwangi, Jawa Timur dimana Raja Bunutin Ida I Dewa Mas Blambangan masih merupakan keturunan Raja Blambangan yang jatuh sakit setelah dinobatkan menjadi raja. Pura ini dilengkapi juga dengan beberapa fasilitas seperti; tempat wudhu dan sholat bagi umat Islam, toilet dan area parkir.

Lokasi Pura
Dimanakah lokasinya Pura Langgar ini? Yakni berada di Desa Bunutin, Bangli, masuk dalam kawasan Kabupaten Bangli, Bali. Untuk mencapai lokasi pura ini, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit atau sekitar 32 km dari Kota Denpasar Bali.


Oleh : bunutinbangli | 27 November 2015 | Dibaca : 1157 Pengunjung


Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :